Selasa, 04 September 2018

KOMPRESSOR DAN JENISNYA

Kompresor adalah peralatan mekanik yang digunakan untuk memberikan energi kepada fluida gas atau udara, sehingga gas / udara dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain secara kontinyu.
Ada dua kompresor yang paling umum digunakan:
a.     Kompresor perpindahan positif (Positive Displacement)
b.     Kompresor dinamis (Dynamic Compressor).

Jenis kompresor yang akan digunakan umumnya dipilih dengan mempertimbangkan laju alir dan tekanan yang dibutuhkan serta karakteristik gas yang akan dikompresi. 
Kompresor dinamis adalah lebih direkomendasikan karena beroperasi dengan perawatan yang mudah. Pilihan berikutnya adalah kompresor perpindahan positif tipe rotary karena tidak mengandung katup dan bebas gas pulsations. Pilihan terakhir atau yang kurang direkomendasikan adalah kompresor reciprocating karena merupakan tipe kompresor dengan perawatan tertinggi dan menghasilkan gas pulsations.

Jenis kompresor perpindahan positif (Positive Displacement) yang sering digunakan di industry antara lain:
a.     Kompresor piston (kerja tunggal, kerja ganda dan diafragma)
b.     Kompresor rotary (Lob, vane, screw dan liquid ring)

a. KOMPRESOR PISTON (RECIPROCATING COMPRESSOR)

a.1 KOMPRESOR PISTON KERJA TUNGGAL
Kompresor piston kerja tunggal memanfaatkan pergerkan piston yang didorong oleh poros engkol (crankshaft) untuk memampatkan udara/gas. Udara akan masuk ke silinder kompresi ketika piston bergerak pada posisi awal dan udara akan keluar saat piston/torak bergerak pada posisi akhir/depan.
a.2 KOMPRESOR PISTON KERJA GANDA
Kompresor piston kerja ganda beroperasi sama persis dengan kerja tunggal, hanya saja yang menjadi perbedaan adalah pada kompresor kerja ganda, silinder kompresi memiliki port inlet dan outlet pada kedua sisinya. Sehingga meningkatkan kinerja kompresor dan menghasilkan udara bertekanan yang lebih tinggi dari pada kerja tunggal.
a.3 KOMPRESOR DIAFRAGMA
Kompresor diafragma adalah tipe lama dari kompresor piston, sehingga mempunyai kesamaan dengan kompresor piston, hanya yang membedakan adalah jika pada kompresor piston menggunakan piston untuk memampatkan udara, pada kompresor diafragma menggunakan membran fleksible atau difragma.
b.  KOMPRESOR PUTAR (ROTARY)

b.1 ROTARY LOB
Kompresor dimana pemampatan dilakukan oleh dua impeler yang berbentuk angka delapan (roots) saling ketemu dan berputar didalam silinder. Untuk menghindari pergeseran antar impeller dipasang turning gear di ujung shaft diluar silinder.
b.2 ROTARY VANE
Kompresor dimana pemampatan udara dengan bantuan longitudinal vane (sudu luncur) yang bergeser secara radial didalam rotor yang dibuat eccentric (tak sesumbu) terhadap silinder.
b.3 ROTARY SCREW
Kompresor screw merupakan jenis kompresor dengan mekanisme putar perpindahan positif, yang umumnya digunakan untuk mengganti kompresor piston, bila diperlukan udara bertekanan tinggi dengan volume yang lebih besar.
b.4 ROTARY LIQUID RING
kompresor dimana air (liquid) sebagai pemampat, biasanya dilengkapi dengan single rotating element yang diletakkan didalam stator.
Sedangkan, jenis kompresor dinamis yang sering digunakan di industry antara lain:
a.     Kompresor aksial
b.     Kompresor sentrifugal

a.   KOMPRESOR AKSIAL
Merupakan suatu kompresor dimana kecepatan dan tekanan diberikan kepada udara dalam arah axial atau sejajar sumbu shaft oleh satu atau banyak moving dan stationary raws dari blade.

b.   KOMPRESOR SENTRIFUGAL
Merupakan suatu kompresor dimana kecepatan dan tekanan diberikan kepada udara dengan arah radial terhadap shaft vane atau impeler oleh satu atau banyak kombinasi antara impeler dan difuser. Kompresor sentrifiigal meningkatkan energi fluida dengan meningkatkan kecepatan tangensial gas. Prinsip kerja kompresor sentrifugal sangat mirip dengan prinsip operasi pompa sentrifugal. fluida memasuki kompresor melalui nozzle inlet yang proporsional sehingga gas memasuki impeller dengan minimal shock atau turbulensi. Impeller, yang terdiri dari hub dan blade, dipasang pada poros berputar.

 Tipe kompresor berdasarkan karakteristik gas yang akan dikompresi:

Berbagai tipe kompresor dan aplikasi penggunaannya

Makalah Disusun oleh :
Iqbal Muhammad Irfan   
Edwin Widiatmaja                      
Madinah Fhp                               
Alfie Putri Rachmasari   

DAFTAR PUSTAKA
Viska.,Mulyandasari.,Compressor Selectin and Sizing.,KLM Technology Group.,Johor,2011.
NPTEL.,Centrifugal Compressors.,ITT Kharagpur.,Kharagpur

*Ilmu tanpa amal, bagaikan pohon tanpa Buah.. maka berbagilah.. 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar