Minggu, 02 September 2018

POMPA dan Main Cooling Water Pump (MCWP)

POMPA dan Main Cooling Water Pump (MCWP)
Pompa adalah suatu alat yang digunakan untuk memberikan energi pada suatu fluida cairan atau digunakan untuk memindahkan fluida cairan dari satu tempat ke tempat lain melalui sebuah pipa.
Main Cooling Water Pump (MCWP)

Main Cooling Water Pump (MCWP) adalah pompa pendingin utama yang berfungsi untuk memompakan air kondensat dari kondensor ke hot water basin cooling tower untuk kemudian didinginkan.


Cara Kerja MCWP
Pompa bekerja menggunakan penggerak motor listrik yang dikendalikan pada control room.
Motor penggerak MCWP dilengkapi dengan alat pengaman, dimana motor tersebut akan berhenti secara otomatis apabila suhu bantalan pompa panas, pembukaan air dalam kondensor amat rendah, getaran yang tinggi, relay arus lebih dan tegangan listrik motor rendah.

MCWP dalam kerjanya harus terdapat aliran air yang melewati perapat-perapat saat pompa beroperasi.
Kegunaan dari air perapat ini yaitu untuk melumasi bearing pompa agar pompa tetap dingin atau tidak panas.

Tekanan air perapat ini harus selalu dijaga.
Ketika MCWP mulai dihidupkan atau saat start up, sebuah solenoid valve akan terbuka dan otomatis memasukkan air dari primary intercooler ke perapat-perapat. Apabila MCWP sudah mulai beroperasi solenoid valve ini akan menutup, karena perapat-perapat sudah mulai dialiri oleh sebagian kecil air yang keluar dari pompa (output pompa).

Alat Penunjang Kinerja Main Cooling Water Pump (MCWP):
a. Valve Re-sirkulasi

Valve re-sirkulasi merupakan alat penunjang MCWP yang berfungsi untuk mengembalikan air kondensat menuju kondensor kembali ketika level kondensor rendah atau bukaan discharge valve MCWP rendah.
Jadi, ketika level kondensor rendah, air kondensat tidak akan dipompakan menuju cooling tower melainkan di kembalikan lagi ke kondensor.

b. Discharge Valve Main Cooling Water Pump (MCWP)
Discharge Valve Main Cooling Water Pump (MCWP) merupakan katup buka tutup aliran kondensat dari MCWP menuju cooling tower. Discharge valve MCWP beroperasi menggunakan sistem kontrol udara yang mana udara ini berasal dari kompresor. Jenis dari katup ini yaitu butterfly valve.

c,Sealling Main Cooling Water Pump (MCWP)
Sealling MCWP berfungsi sebagai pelumas bantalan pada MCWP agar bantalan MCWP tidak panas. Pelumasannya  menggunakan air, karena jenis bantalan yang digunakan pada MCWP jenisnya karet bukan berjenis logam atau besi seperti pada umumnya.

d. Kontrol Udara
Kontrol udara merupakan penunjang MCWP yang berfungi utuk mengatur bukaan dari discharge valve.
Seperti sudah disebutkan dibagian sebelumnya, udara yang digunakan merupakan udara yang berasal dari compressor.
Ketika kontrol udara ini tidak bekerja dengan baik, (supply udara kurang sensitif) maka discharge valve pun akan terganggu kinerjanya.
Sehingga, level kondensorpun tidak akan terjaga juga. Jika seperti itu, maka MCWP tidak beroperasi sesuai dengan  fungsinya.

e. Motor Pompa
Motor pompa merupakan salah satu alat penunjang kinerja pompa, karena motor pompalah yang merubah energi listrik menjadi energi gerak sehingga pompa dapat bekerja (fluida dapat di pompakan). Pada motor MCWP tidak boleh terjadi gangguan elektrikal, karena jika terjadi MCWP akan mengalami trip.


Persamaan dalam Perhitungan Efisiensi Pompa

γ = ρ x g
- Weight Density (γ)
 Keterangan :
γ           = weight density (N/m3)
ρ          = densitas fluida (kg/m3)
g          = percepatan gravitasi (m2/s)


- Efisiensi Pompa (ηP)
Keterangan :

ηP = Ph/Psh x 100%
ηP         = efisiensi pompa (%)
Ph         = daya hidrolis (watt)

Psh                = daya poros (watt)

Disusun oleh:
Ayu Marrizka Dinda                
Fitria Devi Ayu Wulandari       
Muhammad Kahfi                    
Musthofa Abu Ubaydah       

*Ilmu tanpa amal, bagaikan pohon tanpa Buah.. maka berbagilah.. 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar