Rabu, 29 Agustus 2018

Trip in Bali, Danau Beratan, Bedugul, Indonesia

Trip in Bali, Bedugul - Pura Ulun Danu Beratan

Bedugul adalah sebuah kawasan wisata dengan danau dan gunung di Bali, Indonesia, terletak di bagian tengah pulau di dekat Danau Bratan antara Denpasar dan Singaraja.  Terletak di daerah Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali. Bedugul berada 1.500m diatas permukaan laut, sehingga memiliki udara yang sangat sejuk. Bahkan sisi danau sering dilingkupi dengan kabut. 
Untuk mencapai lokasi Bedugul dari kawasan Bali selatan seperti tempat wisata Kuta, maka akan di perlukan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan, dengan perkiraan jarak tempuh kurang lebih 62 kilometer. Namun jika anda berangkat dari pantai Lovina, maka waktu tempuh untuk mencapai kawasan Bedugul menjadi lebih pendek. Kurang lebih 1 jam perjalan dengan perkiraan jarak tempuh 30 kilometer. Dari arah kota Bali berjalan terus naik ke atas (jalanan cukup menanjak). 
Obyek wisata di bedugul terdiri dari Danau yang dilengkapi dengan pura, kebun Raya Eka Karya, juga Kebun Strawbery. Tiga danau besar diantaranya:
1. Danau Beratan atau sering ditulis danau Bratan. 
2. Danau Buyan.
3. Danau Tamblingan.
Wisata Bedugul yang biasanya merupakan wisata favorit wisatawan, adalah Danau Beratan, yang sangat dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata terbaik yang dikunjungi oleh ribuan wisatawan mancanegara maupun domestik, segarnya udara pegunungan dengan pemandangan danau, pura dan gunung yang indah dan jauh dari kebisingan kota, begitu menenangkan membuat tempat ini menjadi objek wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi selama liburan di pulau dewata
Tak heran jika Danau Beratan adalah salah satu dari 20 danau terbaik dan terindah di dunia (The World's 20 Most Beautiful Lake, sumber: www.huffingtonpost.com).
Danau Beratan mempunyai luas kira-kira 375.6 hektar dengan kedalaman antara 22-48 meter dengan luas keliling kurang lebih 12 km. Danau Bratan adalah danau terluas dan terbesar kedua setelah danau Batur di Bali, yang berfungsi sangat penting sebagai sumber utama irigasi pada daerah yang berada di bagian tengah pulau Bali.

Pura Ulun Danu Beratan terletak di dalam kompleks Danau Beratan ini terbuka untuk kunjungan wisatawan antara pukul 08.00 sampai 18.00 WIT. Namun, apabila area pura sedang berkabut, lokasi pura akan ditutup lebih cepat untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkanPengunjung Pura Ulun Danu Beratan harus membayar tiket sebesar Rp7.500,00 untuk turis domestik dan Rp10.000,00 untuk turis asing.

Berkunjung ke Pura Ulun Danu Beratan, para pelancong dapat menikmati keunikan pura dan lingkungan
alam yang asri di sekitarnya. Suasana asri, sejuk, dan udara yang bersih mulai terasa sejak wisatawan menginjakkan kaki di lahan parkir menuju pura. Dari tempat parkir ini, wisatawan terlebih dahulu harus membeli karcis untuk memasuki lingkungan pura. Para pelancong kemudian akan melewati jalan setapak yang dihiasi bunga-bunga, hamparan rumput, serta pepohonan cemara yang menghijau. Jalan setapak ini mengarah pada pintu masuk menuju pura (gapura). 

Berikut adalah video ala-ala saat memasuki kawasan Danau Beratan, yang saat tu di rekam oleh sahabat saya, check it out..

Di area Danau Beratan ini, terdapat Pura Ulun Danu-Beratan yang berada di sisi danau Beratan. Berlatar Gunung Catur. Pura ini ada di pecahan uang 50.000 lama lho.. hayo.. ngeh ga??

So, ga lengkap dong.. kalo ke Bali, ga selfi di Pura Ulun Danu-Bratan, hihihi.. Cucok ya..

Pura Ulun Danu ini terletak di bagian ujung dari danau Beratan, Pura Ulun Danu Beratan dibangun sekitar awal dari abad ke-17, berfungsi untuk memuja kebesaran Tuhan untuk memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia, dan untuk keseimbangan alam semesta.
Pura Ulun Danu Bratan memiliki pemandangan yang sangat indah ketika di pagi hari disaat matahari terbit dan kabut menyelimuti bagian dari gunung, dan pantulan bayangan dari pura Ulun Danu terlihat sangat menakjubkan dari permukaan air danau Beratan sehingga momen ini sangat di sukai oleh para turis dan para fotografer yang ingin mengabadikan keindahan dari pura Ulun Danu ini. Tak jarang, di beberapa souvenir oleh-oleh Bali, salah satunya gantungan Kunci dan magnet kulkas pun terdapat gambar dari Pura Ulun Danu ini. 
Beberapa foto narsis saya dan teman saya di beberapa spot menarik di area Danau Beratan sy rangkum di bawah ini, cek it out.. :)



Bagi beberapa wisatawan yang menyukai air, bisa juga keliling danau Beratan dengan menyewa perahu nelayan lokal yang terletak di sisi pinggir Danau Beratan. Tarif sewa perahu pada saat itu sekitar Rp 75.000 / 30 menit dan satu perahu dapat memuat empat orang. 

Ada juga jetski lho..disini.. yuk ah.. cuss.. liburan ke Bali.. :)

Bali dengan segala pesona dan keindahannya.. mengajarkan saya untuk selalu bersyukur, akan keagungan Tuhan, Maha BesarNya.. Yang dengan izinNya lah saya datang dan menemui banyak hal di Bali yang menyenangkan... 

*Catatan perjalananku Jul2018..  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar