Senin, 23 Juli 2018

Trip in Bali, TANJUNG BENOA, Indonesia

Trip in Bali, Tanjung Benoa

Kegiatan water sport di Tanjung Benoa cukup beragam lho, sy dkk sempat bingung untuk menentukan yang mana dahulu yang akan dicoba, sementara waktu yang diberikan dari paket tur guide kami terbatas, karena kami akan melakukan kegiatan wisata lainnya selain ke Tanjung Benoa.  Ini gambar water sportnya.. kelihatannya seru semua kan?? hihihi.. menurut kamu yang paling seru yang mana sie?? patut dicoba untuk yang senang dan hobby main air nie.. :)

Salah satu tempat yang terkenal di Bali adalah Tanjung Benoa, terletak di Bali bagian selatan. Saat di Bali sy dkk melakukan water sport di BMR Water Sport Bali. Menurut guide kami, kita tidak usah khawatir karena tiap kegiatan water sport di sini dilengkapi dengan pemandu yang ramah, bersertifikat dan termasuk asuransi juga lho.. Jadi selama kegiatan berlangsung, kita tidak perlu takut, lakukan sesuai instruksi pemandu, rileks, santai and let's enjoy...

 

Kami memilih BMR Dive & water sport sebagai tempat pelaksanaan sea walker dan kegiatan seseruan bermain air lainnya.

Setelah proses nego dengan Bli Putu di bagian Marketing Tanjung Benoa, jadilah sy dkk memilih wisata Ocean walker dan mengunjungi tempat penangkaran penyu di Turtle Island. 
Kelihatannya cuma kami yang melakukan nego diskon, untuk wisatawan domestik biasanya memang akan mendapatkan diskon khusus, hihi karena itulah turis mancanegara kelihatannya langsung bayar di kasir, tanpa proses nego lagi, hehe..

Setelah proses nego dan pembayaran di Kasir, petualangan melintasi laut pun dimulai.. Perjalanan kami dimulai dari menyambangi Pulau penyu, sy dkk diberikan satu perahu khusus, private sekali.. berasa punyal kapal sendiri.. hihihi, mungkin karena tiap kelompok mempunyai masing-masing destinasi, ada yang snorkling, diving, parasailing adventure, jet ski, dsb, sehingga perahu  tidak saling bercampur.
 
Terlihat happy nya teman-teman sy, atmosfire kegembiraan begitu menyeruak.. :)


Mengunjungi penangkaran penyu di Pulau Penyu, adalah salah satu destinasi yang dapat dipilih jika kita berada di Tanjung Benoa, Bali. Prediksi jarak dari pantai ke pulau penyu sekitar 500-1km. Dengan waktu sekitar 15-20menit. Kami pun tiba di Penangkaran penyu, Moon Cot Sari.
Di penangkaran penyu di Pulau penyu disediakan guide yang memandu dan menjelaskan perbedaan penyu dan kura-kura. Ternyata perbedaan mendasar adalah dapat dilihat dari kepalanya, kura-kura dapat memasukkan kepalanya ke dalam cangkang, sementara penyu tidak. :)

Di sini juga dijelaskan asal mula penyu yang awalnya berupa telur lalu menetas, menjadi tukik (penyu kecil), lalu tumbuh dan berkembang.. penyu ini dipisahkan dalam kolam-kolam, dikelompokkan berdasarkan usia, agar penyu tidak stres, hehe 

Kami memberi makan penyu dengan Rumput laut yang sudah disediakan di sisi kolam, saat itu kami memberi makan penyu yang sudah berusia sekitar 25 tahun, di sini usia penyu yang paling tua sekitar 80 tahun lho... wah.. udah kakek-kakek ya... hihihi

Ga lengkap ya..kalau ga foto dengan patung penyu, yang besarnya sekitar 2m, in action dulu ah.. cekrek.. :), Penyu besar ini mengingatkan sy pada kura-kura yang ada di film Dragon Ball. rasanya pengen naik seperti di film.. hihihi

Di Pulau penyu, juga terdapat beberapa hewan lain selain penyu, ada Ular, Burung Merak, kelelawar, iguana, musang, burung kakak tua, dsb, beberapa sahabat sy pun asyik berfoto ria. Bagi para pencinta binatang tentu happy ya.. :) Oya di Pulau Penyu, Bali juga tersedia fotographer untuk mengabadikan momen, fotonya dapat di cetak di Kasir juga lho..


Sesi Photo dengan ular Pulau penyu, Bali

Mau main bareng Iguana di Pulau penyu juga bisa..

Di Pulau penyu ada juga kelelawar lho..

Puas menyambangi pulau penyu, perjalanan pun dilanjutkan kembali, menuju ke tengah lautan untuk melakukan sea walker, Jangan khawatir bagi yang tidak bisa berenang, di perahu di sediakan jaket pelampung, dan sea walker pun aman bagi pemula seperti sy, selama kita memahami dan melaksanakan instruksi dari pemandu.


Sebelum melakukan sea walker masing-masing penyelam mengenakan dahulu sepatu khusus dan baju renang yang menandakan bahwa kita dari grup Ocean walker. Sepatu ini juga berfungsi agar kaki kita tidak sakit jika menginjak pasir, atau dasar laut yang kasar. Oya dasar laut yang dimaksud bukan dasar laut yang sangat dalam kok, tidak seperti di film-film yang gelap dan ada ikan hiu ya.., Kita hanya masuk ke dalam dasar laut dengan kedalaman 1-2m dari permukaan.. Jadi jangan parno duluan ya.. rileks, tenang, yakin dan santai ya.. :)

Oya jika ingin berfoto di dalam air selama sea walker berlangsung, bisa menyewa kamera khusus water proof, under water. Jadi bisa tetap eksis meski di dalam air..

Kembali ke isyarat selama proses sea walker, berikut kode isyarat yang penting untuk dipelajari karena saat di dalam air kita tidak membawa alat tulis seperti spidol dan papan tulis, sehingga komunikasi dengan pemandu dapat dilakukan dengan dua arah. 
Arti Penjelasan angka:
1.  Jari tangan membentuk huruf O, berarti OK. isyarat ini yang akan dipakai pemandu untuk menanyakan keadaan kita saat masuk ke dalam air, dan sesekali pemandu akan memastikan bahwa kita masih sanggup melanjutkan perjalanan/Sea Walker.
Tanda OK berarti tidak ada masalah ya..

Jika Telinga sakit karena tekanan atau berdengung, biasanya kita dapat memberikan info dengan isyarat kepada pemandu dengan mengarahkan telunjuk ke arah telinga, 

Sehingga proses equalizing (penghilangan tekanan di dalam gendang telinga) akan dilakukan, dan proses perjalanan di berhentikan sejenak. 

Proses equalizing mirip seperti gambar tsb, yaitu dengan menekan kedua hidung dan menutup mulut, usahakan bernafas dengan hidung dan mulut yang tertutup tadi, sehingga udara keluar lewat telinga, lakukan berulang hingga telinga tidak sakit lagi, Menurut guide kami, proses equalizing harus dillakukan dengan benar, karena jika salah dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.. jadi saat itu kami pun berkali-kali melakukan proses equalizing tsb hingga dirasakan telinga sudah tidak sakit lagi.

2. Jari tangan membentuk angka 2, berarti Berjalan, jika pemandu memberi isyarat dengan menggerakan 2jari tangan  berarti kita diminta berjalan. Melangkahkan kaki.

3.  5 jari tangan dirapatkan dan ditegakkan, berarti STOP, kita diminta untuk berhenti, biasanya untuk mengambil foto.

4. Jari tangan dikepalkan, jempol di naikkan ke atas, berarti KE ATAS, kita diminta untuk bersiap naik ke atas. Jika pemandu mengarahkan sebaliknya (Ibu jari/Jempol ke bawah) berarti kita diminta masuk ke permukaan air yang lebih dalam.

5.  5 jari dilambaikan/digoyangkan ke kanan-kiri, berarti ada MASALAH, isyaratkan ini ke pemandu jika terjadi masalah selama di dalam air. 

6. Isyarat ini seperti no. 5, 5 jari terbuka dan direnggangkan, berarti KEKURANGAN OKSIGEN, beritahukan kepada pemandu dengan segera jika hal ini terjadi.

Setelah pengarahan mengenai isyarat di dalam air, kita pun menunggu giliran untuk masuk ke dalam air, bergantian. Dengan waktu di dasar laut sekitar 25-30 menit, hm.. kalau dipikir cukup lama juga ya.. tapi ternyata setelah dijalani waktu cepat dan tidak terasa.. rasanya pengen nambah.. 




Sebelum masuk ke dalam air, sy pun diberikan helm khusus yang di bagian depannya terdapat kaca cembung, dan di permukaan dalamnya dialiri oksigen dari selang yang terhubung masuk ke dalam helm, helm ini juga menjaga kepala kita tetap kering lho.. jadi jangan khawatir kalau rambutnya bakal lepek selama di dalam air ya..hihihi helm ini kedap air sehingga penggunaan kacamata di dalam helm ini masih aman. karena kacamata diletakkan dalam helm.

Pengertian Sea Walker/ocean walker adalah suatu kegiatan/ aktivitas berjalan di dasar lautan menggunakan alat yaitu helm khusus yang kedap air dan berisi oksigen. 
Ini lho penampakan helm untuk sea walker.. agar mirip seperti helm astronaut ya??


Sea walker cocok untuk pecinta aktivitas di dalam air, menyaksikan kehidupan di dasar laut, diantaranya ikan-ikan yang berenang bebas, terumbu karang nan cantik serta biota laut lainnya. Sebaiknya jika ingin melakukan aktivitas sea walker di jadwal pagi hari, sebelum panas dan air tidak terlalu keruh.

Jarak dari pantai ke tempat melakukan sea walker lebih dekat daripada ke pulau penyu, sekitar 200-300m dari pantai Tanjung benoa atau dengan waktu tempuh sekitar 10-15menit kita sudah tiba di area sea walker. Selama perjalanan kita pun disuguhi pemandangan olahraga air seru lainnya, diantaranya jet ski, parasailing adventure, fly fish dsb.. Kebayang kan untuk penikmat wisata pemacu adrenalin? bikin ngiler n pengen nyoba.. hihihi 
 foto selama perjalanan lagi ah... cekrek.. :)

Di dermaga apung/kapal tempat menunggu giliran sea walker/ocean walker, kami menyaksikan berbagai orang lalu-lalang naik-turun ke bawah kapal bersea walker-ria ataupun menunggu di dek kapal.  

Ocean walker pun dimulai, lakukan dengan tenang dan santai ya.. jangan grogi, sy dan kawan sy dipersilakan turun bergantian. Di awal sy mengenakan tali pengikat yang nantinya terhubung dengan helm, lalu Saya pun turun ke sisi bawah kapal sambil berpegangan pada tangga yang menempel di sisi kapal sambil turun dengan hati-hati, awalnya agak nervous juga, di permukaan helm tersebut terasa cukup berat, tapi dengan yakin sy pun berusaha rileks, sambil berdoa dalam hati.. Maklum ini pengalaman pertama sy melakukan sea walker.  

Setelah helm terpasang, sy pun mencoba menyesuaikan diri selama beberapa detik, pemandu pun mulai memegang tangan sy dan menarik sy ke dasar laut, Di awal sempat kaget dengan tekanan di telinga yang membuat telinga sedikit sakit dan dada yang terasa berat ketika berada di dalam laut. Pemandu beberapa kali bertanya kepada sy jika terjadi masalah selama proses penyesuaian, namun setelah melakukan beberapa kali equalizing, dan upaya menenangkan diri, Rileks adalh kunci agar kita bisa menikmati selama berwisata ocean walker. Sy pun mulai terbiasa. Sensasi helm yang berat pun hilang sudah.. Dan berganti rasa takjub..

Saat sy mengedarkan pandangan ke sekeliling lautan yang ada, wow..indah sekali.. sy pun terus dipandu berpegangan pada pegangan semacam pipa yang panjangnya sekitar 5meter, dan selama 25=30menit, sy dkk mengitari pegangan dasar laut tersebut. 

Saat memberi makan ikan di dalam lautan 

Sibuk bermain dengan ikan dan habitat laut yang ada.. 

Di sini ikannya mam nya roti lho.. 


Selama 25-30menit sy dan sahabat sy dibuat takjub dengan pemandangan yang ada, waktu pun tak terasa selama berada di bawah air. Petualangan bawah laut pun berakhir dengan rasa puas. Dan syukur.. Maha Suci Allah yang dengan kebesaranNya menciptakan banyak hal indah di dasar lautan..  

Bali dengan segala pesona dan keindahannya.. mengajarkan saya untuk selalu bersyukur, akan keagungan Tuhan, Maha BesarNya.. Yang dengan izinNya lah saya datang dan menemui banyak hal di Bali yang menyenangkan... 

So, kalau liburan ke Bali, jangan lupa mampir di tanjung Benoa ya.. :)

*Catatan perjalananku..  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar