Selasa, 16 Juni 2020

Trip in Pantai Pandawa - Bali, Indonesia

Trip in Bali, Pantai Pandawa

Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kab. Badung, Prov. Bali.  Karena terletak di desa Kutuh, penduduk ekitar sering menyebut Pantai Kutuh. Area pantai yang terletak di wilayah Bali Selatan. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih nan indah, panorama laut biru, air yang jernih bahkan bisa melihat karang yang menonjol dibawah air. 
Di sini kita dapat merasakan sensasi main di pasir putih dan menjajaki  bebatuan karang di pinggir pantai. Ombak yang tenang mirip dengan yang ada di Pantai Sanur. Namun dengan keserasian alam yang berbeda.  Sehingga Pantai Pandawa merupakan destinasi favorit yang tidak kalah menarik dengan wisata pantai-pantai lainnya yang ada di Bali.
Lokasi menuju Pantai Pandawa, Bali termasuk area yang cukup rawan macet. Jadi tidak heran kalau perjalanan menuju lokasi ini cukup lama, bisa memakan waktu 1 jam perjalanan. Titik kemacetan yang harus dilewati kalau berkunjung ke tempat ini salah satunya adalah GWK dan Jimbaran. Ditambah lagi, jalur yang dilewati juga cukup berliku.  Jadi untuk wisatawan yang berwisata ke Bali namun dengan waktu terbatas, maka jika mau mampir ke Pantai Pandawa, Cocok banget buat yang mau sekalian lewat ke sini kemudian lanjut ke Jimbaran dan sekitarnya.
Lokasi pantainya yang tersembunyi dan jalan masuk menuju ke lokasi diapit dua tebing batu besar nan eksotis yang memiliki sensasi berbeda dari pantai lainnya di Bali. Membuat pantai Pandawa disebut sebagai pantai rahasia “The Secret Beach”, sebuah tempat wisata dengan suasana yang tenang dan belum begitu ramai seperti umumnya wisata pantai di Bali. Namun kini, setelah tayang di sinetron FTV, pantai ini semakin dikenal dan selalu ramai pengunjung. Menurut cerita dari guide tour kami kala itu, dahulu wisatawa mancanegara banyak yang mengunjungi Pantai Pandawa, namun saat sy berkunjung ke sana, hampir semua pengunjung adalah wisatawan domestik.   
 
Pengunjung Pantai Pandawa akan dikenakan biaya masuk (tiket) sebesar 8 ribu rupiah per orang. Biaya itu belum termasuk tarif parkir. Kalau membawa sepeda motor, dikenakan biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah. Sementara kalau berkunjung ke tempat ini menggunakan mobil, dikenakan tarif parkir 5 ribu rupiah. Tergolong murah ya.. Nah.. apa aja yang biasa dilakukan di sana ya?
a. Berenang dan Menikmati Keindahan Pantai dengan Leluasa
Keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Air lautnya yang jernih, pasir putihnya yang bersih, dan ombaknya yang relatif tenang menjadikan tempat ini cukup aman untuk aktivitas berenang di tepi laut. Ombaknya tenang sehingga cocok untuk wisata keluarga, terutama yang membawa anak-anak. Bisa berenang dan bermain air sepuasnya di kolam alami ini.. πŸ’“πŸ’“ 

b. Berfoto dengan Latar Patung Lima Ksatria Pandawa
Lokasinya yang terletak di balik tebing kokoh membuat panorama alam di Pantai ini terlihat sangat eksotis. Selain wisata alam, pihak pengelola juga memasukkan unsur budaya di pantai. lima buah patung Ksatria Pandawa di antara dinding-dinding tebing batu kapur menyambut pengujung saat memasuki kawasan pantai Pandawa .
Kita bisa berfoto atau selfie dengan latar patung Ksatria Pandawa yaitu Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula, dan Sadewa.  Dan juga terdapat patung Dewi Kunti yang merupakan ibu dari kelima Ksatria Pandawa. Semua patung itu dibangun setinggi 5 meter dan berjejer menghadap ke pantai. Pandawa inilah yang mengilhami masyarakat sekitar menyebut nama Pantai ini.
Kelima patung Ksatria Pandawa dipercaya sebagai “penjaga” pantai yang akan melindungi daerah sekitarnya dari petaka. Patung tersebut diukir dengan indah oleh para seniman pemahat asli Bali. Berfoto dengan patung Arjuna, Sang penakluk wanita, tentulah yang paling ikonik dan banyak diserbu pengunjung ya. hehe.. πŸ˜€

c. Berjemur dan Bersantai di Tepian Pantai
Pengunjung juga dapat bersantai atau berjemur di tepi pantai. Ada banyak jasa penyewaan kursi lengkap beserta payung lebar dengan harga terjangkau di Pantai Pandawa. Pengunjung juga dapat bersantai atau berjemur di tepi pantai. Bahkan kita pun bias menikmati jasa pijat refleksi sambal berleyeh-leyeh juga. asyik kan... πŸ˜‰❤ 

d. Berkeliling Pantai Menggunakan Kano

Tidak hanya berenang, berfoto ataupun bersantai di tepi pantai, Anda juga dapat bermain kano di Pantai Pandawa. Banyak tersedia jasa penyewaan kano di sekitar lokasi pantai. Tersedia juga jaket pelampungnya lho.. Jadi ga usah khawatir takut tenggelam ya.. 
d. Bermain Paralayang dari Atas Bukit Timbis
Untuk pengunjung yang ingin memacu adrenalin dengan menikmati keindahan Pantai Pandawa dari atas ketinggian, silahkan coba aktivitas paragliding (paralayang) di atas Bukit Timbis. waw… seru...😍😻
Anda dapat “terbang” dan menikmati keindahan Pantai dari atas ketinggian dengan karakter tebing dan hembusan angin yang pas.
*Catatan perjalananku.. Juli2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar